Thursday, June 20, 2013

Keluarga Resep Semur Tahu Bumbu Kecap Tradisional

Resep masakan mudah kali ini akan mencoba membuat masakan kuliner khas nusantara yaitu  Empal Balado Bumbu Cabe Pedas. Empal atau bisa juga dibilang gepuk adalah masakan tradisional khas Jawa Tengah, biasanya bercitarasa manis karena pengaruh kecap dlam masakan tersebut. Namun kali ini kita akan mencoba membuat Empal dengan citarasa pedas karena digabungkan dengan citarasa khas sumatera yaitu sambal balado.

Yu mari kita coba membuat Empal Balado Bumbu Cabe Pedas


Bahan untuk daging olahan:


    1/4 kg daging has (yang paling bagus dan empuk)

    2 siung bawang putih

    1/2 sdm ketumbar

    1 potong laos

    2 lembar daun salam

    1 sdt air asam jawa

    1 potong gula merah


Bahan Bumbu Empal Balado:


    2 siung bawang merah

    2 siung bawang putih

    1 buah tomat sedang/matang

    5 buah cabe merah

    1 sdt gula pasir


Cara Membuat Empal Balado:


Daging dicuci bersih, lalu direbus hingga setengah matang, angkat (air sisa rebusan daging jangan dibuang); potong-potong (ukurannya sesuai selera), lalu masing-masing potongan daging diiris tipis (ketipisannya sesuai selera); tumbuk agar lebih empuk.

Masukkan potongan-potongan daging ke dalam air rebusannya bersama bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan, laos yang sudah dimemarkan, daun salam, air asem jawa, dan gula merah. Rebus di atas api kecil sampai bumbunya menyerap, angkat, tiriskan dagingnya.

Setelah tiris, goreng daging hingga matang, angkat, tiriskan.

Bahan bumbu dihaluskan, lalu tumis dengan minyak bekas menggoreng daging tadi. Setelah wangi, masukkan gula putih secukupnya; hampir bersamaan dengan itu, masukkan pula daging yang sudah digoreng, aduk rata, biarkan sejenak, lalu angkat.Empal Balado siap dihidangkan bersama nasi putih. dan Empal Balado Bumbu Cabe Pedas siap dihidangkan.



Rahasia Resep Masakan Kuliner Nusantara Terlengkap

No comments:

Post a Comment